Kamis, 22 September 2016

Mengatasi Paper Jam Printer Epson L210

Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L210

Matikan Printer
Langkah pertama cara mengatasi paper jam printer Epson L210 yang harus anda lakukan adalah mematikan printer untuk sementara, tekan tombol off jika printer masih dalam keadaan on, lalu copot kabel dan USB printer pada komputer atau laptop, pastikan printer dalam keadaan mati total tanpa ada perangkat yang terhubung.

Buka Mesin Printer
Saat printer sudah dalam keadaan off, buka mesin printer secara hati-hati untuk dapat melihat masalah yang terjadi dan memudahkan menarik kertas yang tersangkut. Tarik perlahan ke bawah jika masih ada kertas yang tersangkut.

Nyalakan Kembali Printer
Setelah kertas yang tersangkut dibersihkan dari printer, hubungkan kabel printer ke colokan listrik agar printer dapat dihidupkan kembali. Apabila setelah printer dalam keadaan on dan muncul peringatan clearsetting maka tekan tombol start.

Hubungkan Printer ke PC
Hubungkan kabel USB printer ke PC jika sudah tidak ada masalah yang terjadi pada tahap sebelumnya. Jika saat printer telah terhubung dengan PC dan tidak ada keterangan yang muncul pada layar mengenai printer, anda dapat melakukan tes print untuk mengetahui apakah printer dapat mencetak hasil yang baik atau tidak.


jika masih lampu orange berkedip 3x mungkin kerusakan terlalu parah cobalah cara berikut:


buka baut dan klep pengunci casing printer, baut terdapat 2 dibagian depan dan 2 dibagian atas (buka cover terlebih dahulu).

jika telah terbuka, tekan klep pengunci dengan menekannya dengan obeng kecil.
buka baut pengunci sensor kertas, disini terdapat dua buah sensor yaitu sensor penarik kertas dan sensor penggulung kertas, jadi lepaskan keduanya, dan jangan lupa lepas kabel penghubung dari motherboard printer.

ganti dan pasang sensor tersebut dengan yang baru, dan pasang kembali casing.

dan nyalakan komputer anda, lampu orange tidak berkedip lagi, dan coba dengan tes print dengan kertas, printer sudah berjalan normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar