Selasa, 06 September 2016

CARA MENGATASI PRINTER BERGARIS

Memang sangat menjengkelkan Saat kita menemukan hasil printing yang bergaris dan gambar atau tulisan menjadi putus-putus. Ada beberapa faktor yang  menyebabkan hal tersebut dapat terjadi, berikut adahal sebab dan cara penanganan untuk printer yang bergaris:

Berikut penyebab dan cara mengatasi Hasil cetak bergaris putus putus pada Canon IP :

Sebelumnya coba lakukan langkah awal yaitu Cleaning dengan Software bawaan printer.
  
1. Aliran tinta tidak lancar,
Hal ini bisa disebabkan oleh system infus yang mengalami kebocoran atau kebuntuan. Dengan tidak lancarnya aliran tinta , maka otomatis keluarnya tinta dari nozzle catrid juga terganggu sehingga hasil print bergaris. Saran : gunakan part tambahan berupa damper infus agar aliran tinta menjadi stabil dan lancar
2. Head catridge tersumbat.
Tersumbatnya head catrid ini bisa disebabkan karena printer jarang dipakai sehingga tinta menggumpal atau mungkin head tinta kotor karena debu. Anda dapat  menggunakan alat penyedot catridge , dengan cara : memberikan tekanan udara pada catridge yang di modif atau menyuntikan udara pada catridg tepat di lubang atas catridg modif ( pompa dengan alat suntikan refil )
3. Pita Sensor kotor.
Hal ini biasa terjadi ketika sedang membersihkan catridge, letak pita sensor catridg itu berada di antara catridge dan head catridge bentuknya seperti plastik/mika. Biasanya ketika sensor kotor itu akan mempengaruhi tampilan/hasil cetak yang kurang bagus. Solusinya : membersihkannya memakai tisu kering, bersihkan seluruh bagian.
4. Head Catridge Usang
Cirinya yaitu, jika ujung head di tempel dengan tissu, semua warna tinta keluar normal, akan tetapi jika dipakai untuk print, hasil print nya bergaris. Ini menandakan Head Catridge sudah lemah.
Solusi sementara adalah mengubah settingan print menjadi kualitas High atau Foto. Tapi saran saya catridge harus segera diganti, agar kerusakan tidak merembet ke board

Demikian Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer Canon IP

untuk hasil cetak yang maksimal gunakan selalu Tinta ALFA INK
alfaink.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar